Jumat, 16 Oktober 2009

Mari berpikir matematika

di sini saya membuat suatu strategi PEMECAHAN matematika,
sudah menjadi pengetahuan umum bahwa masalah yang di hadapi setiap individu semakin lama semakin sulit. berangkat dari suatu keyakinan,kemampuan daya nalar  yang baik akan sangat berguna dalam memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari. oleh karena itu,mengembangkan daya nalar siswa menjadi suatu kebutuhan dan bagian dari tujuanpendidikan yang harus di capai. pengajaran yang harus di capai. pengajaran yang berbasis pad pemecahan masalah akan menghasilkan peserta didik yang mampu menghadapai tantangan di masa depan.

    STRATEGI MENENTUKAN POLA UMUM

Apabila kita berjalan-jalan di pasar umumuntuk membeli sepatu,kita dengan mudah menemukan ukuransepatu yang cocok dengan ukuran kaki. jika kita terbiasa menggunakan sepatu berukuran 38 dan akan mengambil sepatu merek lain,maka kita akan mengambil sepatu merek tersebut berukuran 38.sehingga menjadi pola umum yang di gunakan untuk mengukur kaki seseorang. pengukuran sepatu ini didahului oleh pengamatan kaki-kaki orang normal. kemudian ditemukan pola umum ukuran sepatu. bahkan,ukuran kaki seseorang sering dikaitkan dengan tinggi badan. jika kita ingin membeli sepatu untuk temannya,maka ukuran sepatu ini dapat diperoleh dari tinggi badannya.
   Strategi pemechan Soal Matematika dapat dilakukan dengan cara menemukan pola umum yang di kehendaki soal. dengan berfikir kritis,kita dapat menemukan pola umum yang dikehendaki soal.

     Perhatikan Contoh berikut :

9 x 1          + 2 = 11
9 x 12        + 3 = 111
9 x 123      + 4 = 1111
9 x 1234    + 5 = 11111

Tentu anda dapt menghitung nilai dari 9x123456+7=...



saya akan memberikan soal :

Perhatikan operasi hitung berikut,
2 ^ 4 = 8
5 ^ 3 =13
3 ^ 5 =11
9 ^ 7 = 25

 maka hitunglah 3 ^ 4 = ...??

penyelesaiian

    Operasi ini ^ tidak bersifat komutatif,sebab 3 ^ 5 bukan  5 ^ 3. Operasi ^ juga bukan perkalian biasa,sebab 3 ^ 5= 11 bukan 15 = 3 X 5. nah,Oleh karena itu operasi ^ adalah operasi dua Aritmatika.
karena 5 ^ 3 = 13 dan 3 ^ 5 = 11, maka operasi ^ memberikan isyarat  bahwa urutan bilangan perlu di perhatikan.
bila di cermati empat persamaan diatas,di peroleh informasi

2 ^ 4 = 8 dapat diartikan  8    = 2  x 2 + 4
5 ^ 3 =13 dapat diartikan 13  = 2 x 5  +3
3 ^ 5 =11 dapat diartikan 11  = 2 x 3  +5
9 ^ 7 = 25 dapat diartikan 25 = 2 x 9 +7
  pola umum yang di dapat adalah  a ^ b = 2a + b
oleh karena itu, 3 ^ 4 = 2 x 3 + 4 = 17


support by_ http://wandripanjaitan.blogspot.com

1 komentar:

carousel